Header Ads

  • Breaking News

    Cerita Renungan | Harga Kebutuhan Pokok Naik Di Bulan Ramadhan

    Assalamu'alaikum wr.wb...
    Siang itu, aku mengayuh becakku untuk mengantarkan dua orang ibu, sebut saja Bu Rini dan Bu Lisa (bukan nama samaran...hakhak ) untuk berbelanja di pasar..
    Sesampainya di pasar, aku di suruh untuk menunggunya di depan pasar.. Setelah beberapa saat kemudian kedua ibu itu keluar dari pasar dengan membawa barang belanjaan mereka..
    Dalam perjalanan pulang, terjadilah percakapan antara Bu Lisa dan Bu Rini...
    ,
    "Tiap memasuki bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok selalu melonjak ya Bu..." kata Bu Lisa

    "iya... ini tadi harga 1kg bawang merah menjadi 20 ribu,, padahal sebelumnya cuma 15 ribu..." sahut Bu Rini.

    "Aku tadi membeli daging sapi juga naik harganya...." tambah Bu Lisa

    "jangankan daging sapi Bu,, tadi aku beli ikan asin aja juga naik harga.." kata Bu Rini..
    Setelah mengantarkan Bu Lisa dan Bu Rini, aku melepas lelah di sebuah warung kopi milik Mbah Pocong (nama samaran..wkwkwk).
    Sambil menunggu mbah pocong bikin kopi, aku termenung karena mengingat harga kebutuhan pokok yang selalu melonjak seperti yg di bicarakan oleh Bu Lisa dan Bu Rini.. Dalam hati aku mengeluh.."orang yang berduit seperti Bu Lisa dan Bu Rini aja masih mengeluh dengan harga kebutuhan pokok yang selalu naik,, apa lagi saya yang hanya berpenghasilan pas-pasan.."
    Tiba-tiba mbah pocong mengagetkanku dengan menepuk pundakku sembari berkata
    ,
    "ono opo toh mbah,, kok nglamun wae...??(ada apa sih mbah, kok melamun aja...??" tanya mbah pocong.

    "ini lo mbah,, tiap menginjak bulan puasa, harga kebutuhan pokok selalu naik... bagaimana nasib orang kecil seperti kita ini mbah..." jawabku..

    "wes tradisi mbah.. ra usah kaget.. " kata mbah pocong dengan logat jawanya..

    "Tapi yang membuat aku heran mbah,, bukankah bulan puasa itu kebanyakan orang pada berpuasa.. Dan makan hanya di waktu malam, itu pun juga gak seberapa..
    Terus kenapa ya harga kebutuhan kok malah naik..?? seharusnya kan malah turun karena konsumsi makanan juga berkurang..." kataku lagi..

    "Ngene lo mbah..... seandainya kita menyadari akan hikmah berpuasa yang sesungguhnya, maka kejadian seperti ini juga sedikit bisa di hindari.. kebanyakan orang, memang benar siangnya berpuasa.. tapi waktu berbuka, segala macam makanan yang enak2 di hidangkan.. Nah... karena itulah di setiap menginjak bulan puasa harga kebutuhan sehari² jadi naik semua.." kata mbah pocong menjelaskan..


    Dari keterangan mbah pocong, aku mulai paham, kenapa tiap memasuki bulan puasa harga kebutuhan pokok selalu meningkat tajam setajam silet.... :-D
    **********
    Dari cerita di atas, mungkin bisa di ambil kesimpulan bahwa penyebab kenaikan harga kebutuhan pokok adalah kurangnya pengertian akan hikmah berpuasa...
    Berpuasa di bulan Ramadhan, selain itu suatu kewajiban kita sebagai umat islam,, Salah satu hikmah berpuasa adalah melatih diri hidup dengan kesederhanaan dan menahan hawa nafsu..

    Puasa pada Bulan Ramadhan mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan belajar merasakan kehidupan orang lain yang lemah .
    Di bulan Ramadhan kita puasa , merasakan lapar dan dahaga , mengingatkan kita betapa sedihnya nasib orang yang tidak berpunya , orang terlantar, anak yatim yang tiada orang tuanya, fakir miskin yang hidup di tempat yang tidak layak...

    Bulan Ramadhan mengajarkan pada kita akan arti hidup hemat..
    Kita harus menyadari, bahwa apa yang kita beli banyak - banyak untuk berbuka , hanyalah hawa nafsu saja..
    Bukankah hikmah berpuasa adalah menahan hawa nafsu..??

    Kita harus sadar... Betapa kita harus hemat, membeli sekedar yang dibutuhkan . Kelebihan uang yang kita punyai mungkin dapat kita sedekahkan bagi yang lebih membutuhkan...
    (seperti saya tukang becak yang masih membutuhkan bantuan... hakhakhak)
    Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, dan masih banyak lagi hikmah berpuasa lainnya..
    Cukup sekian,, mohon maaf apa bila ada salah kata.


    Wassalamu'alaikum wr.wb.....
    MOHON MAAF UNTUK PARA PEMERAN..
    Saya tidak bermaksud menyinggung siapapun,, cerita diatas hanya sebagai gambaran saja dari perkiraanku tentang naiknya harga kebutuhan pokok yg selalu naik menjelang Ramadhan.

    No comments

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad