Cinta Itu ...


Cinta Itu . . . .



Terlalu banyak orang yang berkata 'Cinta'. Terlalu banyak orang yang jatuh cinta. Terlalu banyak juga orang yang bahagia katanya karena cinta. Tetapi terlalu banyak pula orang yang (katanya) merasa tersakiti juga karena ulah dari cinta, sehingga mereka menyalahkan cinta. Padahal, cinta tidak pernah salah, cinta tak pernah menyakiti. Katanya lagi.

Lalu?
Sudah tahukah anda, apakah itu cinta?
Cinta adalah sebuah kata dengan beribu makna dan rasa.

Apakah itu cinta?

Nah, dari sekian banyak para pelaku cinta, maupun para korban cinta, hahaha... Mereka tidak tahu apa itu cinta. Yang mereka tahu hanyalah sebuah kata, sebuah rasa, yaitu 'Cinta'.

Menurut penuturan seorang ahli bedah kata dari dunia gendeng yang sudah melanglang jagat per-rondo-an yang pada 03/09/2014 lalu, beliau mengirimkan surat wasiat lewat telegram kepada saya yang isinya seperti berikut ini.




*****

Cinta itu ...

Tersusun atas dasar pecahan jutaan atom KASIH yang beraliansi dalam satu pondasi solidaritas kemudian terjadi proses asimilasi RASA sehingga terbentuk molekul SAYANG.


Setelah bersatu mereka menetap pada embrio KEHANGATAN. Menunggu pada saatnya tiba ketika ada insan datang menjemput dengan membawa segudang HARAPAN.


Tatkala terlahir ia dalam keadaan SUCI yang tak tahu menahu tentang arti.
Dia membutuhkan PERHATIAN dan tetap melakukan fotosintesis guna mendapatkan asupan gizi KASIH dan SAYANG.


Meski lambat dalam langkahnya akan tetapi seiring berputarnya roda waktu, ia akan menemukan jatidirinya… Yaach itulah Cinta.


Susunan kata unik yang memiliki segudang makna fantastik.
Seakan-akan tervonis sebagai polemik namun sejatinya tersimpan ribuan pernak-pernik.


Cinta itu dedikasi, Cinta pula sebagai persuasi.
Menarik jasmani dan rohani dalam lingkaran sabun harmoni.


Cinta ialah titik balik dari rasa yang kita semua tentu pernah merasakan yaitu Benci.

Cinta yaitu perihal yang dapat melahirkan kredibelitas sehingga terikat jalinan janji suci.


Cinta adalah sebuah koherensi, yang menghubungkan dua rasa menjadi satu yang padu dari insan berlain jenis mungkin juga sesama jenis,… *)o'ou tapi aku enggak loh.

Cinta terimplementasi di setiap sisi dan lini.
Cinta melahirkan inspirasi yang berakibat adanya apresiasi.

Cinta tak sesederhana ungkapan "I Love You", "Aku Tresno Kowe", "Aku Cinta Padamu".

Namun di dalamnya terkandung makna nan akbar serta tanggung jawab yang besar.


Cinta itu Dinamis.

Yang bergerak kesegala penjuru untuk menemukan titik muara statis.


Cinta itu klausal yang bukan hanya mengarah pada titik Horisontal.
Tetapi pula menuju sisi Vertikal bahkan Diagonal.


Cinta tidak memandang derajat, harkat, martabat, pangkat, posisi yang dijabat, orang kaya ataupun melarat.


Cinta menjadi paradigma dan konstruksi awal terbentuknya suasana nyaman, sejahtera dan sentosa.


Cinta lebih rumit ketimbang rumus kimia, fisika, algoritma, aljabar dan aritmetika.
Cinta sejati tidak akan ketemu dalam kamus, hitungan rumus apalagi yang nekad berburu di dalam Kakus,… ups bisa mampus.

Cinta itu persepektif, efektif, variatif, naratif, produktif, deduktif, induktif bahkan yudikatif, eksekutif dan legislatif… *) Lho lho…! Malah nyasar?

Cinta kadang membutakan, kadang melenakan, kadang menyengsarakan, kadang menyesatkan.

Cinta kerap memunculkan perbedaan pandangan, pemicu peperangan, penyebab perselisihan dan perpecahan. Namun apapun itu di balik tempurung Cinta tetap tersembunyi satu destinasi, yaitu 'Indah Pada Waktunya'.

Akan tetapi ingat! ada satu hal yang harus kamu tahu lebih dahulu sebelum menyelam lebih dalam tentang definisi Cinta....…


.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.





"Bersihin dulu tuh UPIL kamu yang belepotan! Masih kecil pake ngomongin cinta-cinta'an segala. Dhupak Cocotmu momprot leee..."


Original by

Wong gemblung
Muhammad Arba'in


*) PENGUMUMAN! Bagi para Gendeng-gendeng sekalian yang saya hormati. Mari! Kita Populerkan dan Sosialisasikan ungkapan "Dhupak Cocotmu" haha tapi jangan dipraktekan dalam tindakan nyata yach...!!!

11 Responses to "Cinta Itu ... "

  1. Orang yang hidup tanpa cinta mengerikan mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lebih mengerikan dari tampang zombie ya, mas. Hahaha

      Hapus
  2. Asik! Admin lagi jatuh cinta nih kayaknya. Susah tidur mikirin si dia.
    Keren sajaknya. Cinta yang dihubungkan dengan mulai dari materi kimia sampe ke kantor DPR :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kiriman dari teman, kang.
      Kalau saya sendiri sih, nggak bisa membuat kata2 segendeng dia. Hahaha

      Hapus
    2. hehe gaya bahasanya emang menggugah rasa untuk disimak dan berpikir keras
      kadang yo ora mudeng namun mengundang senyuman

      Hapus
  3. Dugaan saya ternyata benar, siapa sosok si pengirim wasiat tersebut. Kata-katanya keren, penuh istilah2 dalam buku tebal sekolahan. Mbulet dan mbingungi bagi yg nggak pernah menyantap buku2 tersebut. Dan... Semoga amal ibadahnya diterima di sisiNya. Aamiin...

    BalasHapus
  4. Cinta itu misterius, mendebarkan, mengasyikan, menyakitkan, tapi cinta tetaplah cinta yang diagungkan karena kesuciannya

    BalasHapus
  5. Meski gak tau artinya saya mau bilang aja salam Dhupak Cocotmu, hehee

    Kebetulan saya jg kenal pengirim wasiat itu, mmg benar beliau mmg ahli pe-rondo-an, bukan hanya lokal tp juga internasional, hehe.. jempol untuknya dan Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT. Amin

    BalasHapus
  6. Ya begitulah yang bisa membuat insan itu lupa, dari mulai lupa diri, lupa mandi, dan mungkin lupa mandi 😪

    Cinta itu seperti setan yang merasuki jasad ini. Dan bersyukurlah seperti anda yang sedang dirasuki cinta, karena semua yang kita lihat terasa indah.

    Seperti halnya admin yang mondar-mandir ke warung kopi, jika bukan karena cinta kopi maka hal tersebut tidak akan terjadi berulang-ulang 😂
    Atau mungkin karena ingin melihat si pembuat kopinya, entah itu juminten, tukiyem atau markonah 😪

    Ya, sudah jika kita berbicara cinta tentu tidak akan ada habisnya, saya permisi dulu mau kebelakang, lagi guntingin duit belum selesai 😂

    BalasHapus
  7. Sejatinya jadikan Cinta sebagai magligai kehidupan sepasang kekasih yang meneruskan cinta mereka ke tingkat pernikahan yang sah dan berjanji untuk selalu sehidup semati, benarkan mas

    BalasHapus
  8. Cinta bisa membuat apa saja jadi mungkin termasuk jadi gendeng, wkwkwk...

    Bicara cinta berarti bicara banyak hal, bisa cerita indah atau sebaliknya, semoga hanya yang indah-indah saja yang bisa kita ceritakan tentang cinta...

    BalasHapus